English Is Fun

 Belajar Bahasa itu mudah dan menyenangkan

Pengalamanku.... 

     Hai perkenalkan, namaku Afiyan Setyaningsih biasa di panggil fiyan. Saya kelahiran tahun 2003.
Saya tinggal dan besar di Desa Bangunrejo tepatnya rt 04/rw 02. Saya anak ke tiga dari empat bersaudara. Saya merupakan siswi SMA Negeri 1 Pamotan. Tepatnya kelas XII sekarang. 

     Cukup perkenalannya ya, 
Berbicara soal bahasa inggris bagi sebagian murid di desa saya merupakan hal yang tidak terlalu penting untuk dipelajari. Mereka menganggap bahwa tinggal di Indonesia haruslah berbicara bahasa Indonesia yang terpenting. Benar, memang benar. Namun di  era iptek yang sekarang ini berkembang pesat tentu kita harus mengukuti perkembangan zaman. Benar bukan? Selain ilmu TIK, menguasai bahasa internasional itu juga penting lho. 
Seperti : •Bahasa inggris
                 •Bahasa prancis
                 •Bahasa Spayol dll
Nah kali ini saya ingin membahas tentang bahasa inggris, bahasa yang tidak terlalu sulit untuk di pelajari di Indonesia. 

     Saat saya menginjak umur 13 tahun, kelas VII semester 2. Entah mengapa saya tertarik dengan bahasa inggris. Saya menganggap bahasa inggris itu unik, bahkan teman sekelas hanya dua orang saja yang bisa bahasa inggris walaupun hanya basic-nya saja. 
Saya mulai menerjemahkan modul bahasa inggris yang saya punya saat itu. Kelas XIII semester 2,kakak perempuan saya membelikan saya hp android yang pada saat itu lumayan diminati. 
Saya menggunakan hp itu untuk belajar awalnya. Namun salah seorang teman dekat saya menyarankan untuk menginstall facebook. Awal mula menggunakan facebook sangatlah menyenangkan. Hingga suatu hari banyak orang luar (foreign) yang add pertemanan ke akun baru saya. Waktu itu saya berumur 14 tahun. Saya mulai berbicara dengan orang asing menggunakan bahasa inggris. Sejak saat itu saya suka membuka kamus, menginstal app bahasa inggris, semua tentang bahasa inggris. 

     Tiba saat saya memasuki kelas IX, diajar oleh guru bahasa inggris laki-laki. Bernama pak widodo. Beliau mengajarkan bahasa inggris yang menurut saya mudah dipahami, menyenangkan, dan penuh dengan games. 
Terkadang pak wid bisa menjadi orang yang lucu dan galak di satu waktu. Ia orang pertama yang mendukung saya untuk mengembangkan skill bahasa inggris yang saya miliki. Mulai dari saat itu, saya mulai menggemari bahasa inggris. Saya suka mencari kosakata baru, latihan speaking, practice everyday dengan teman-teman foreign saya. 
Memasuki awal SMA, saya berharap akan menjadi lebih baik lagi. Namun guru maupun orang tua tak ada yang perduli ataupun mendukung saya. 
Dari saat itu saya berinisiatif untuk menggapai mimpi dan hobi yang saya miliki. Menikmati proses dan bersabar. 
Saat waktunya tepat, saya ingin menunjukkan pada dunia hasil dari kerja keras saya. 

     Saat saya pertama kali mengikuti pelajaran di kelas, hampir sebagian besar siswa tidak tau bahasa inggris, bahkan basic yang mudah dan simpel saja tidak bisa. 
Seperti : how are you
                What are you doing 
                Where are you from 
                What is your age etc. 
Hal ini sangat memprihatinkan karena sikap mereka yang acuh terhadap bahasa international yang nantinya penting untuk perkembangan zaman dan mencari pekerjaan. 

     Baru-Baru ini saya tengah memperdalam belajar saya menggunakan Duolinggo. Aplikasi yang menurut saya mudah di gunakan bagi pemula sekalipun. Tahap-tahap, level, maupun peringkat di dalam pembelajaran sangat menyenangkan dan Mudah dipahami.
Seperti layaknya kelas online di sana kita akan di kelompokkan maksimal 50 orang yang bersaing mengumpulkan poin dan menjadi peringkat 1,2 maupun 3.
Cara belajar yang berbeda, lebih cenderung ke arah game. Mengasah ingatan dan skill berbicara sangat baik untuk kamu yang bersungguh-sungguh ingin belajar bahasa baru. Tidak cuma bahasa inggris, di sana terdapat bahasa-bahasa lainnya juga lho. 
Tunggu apa lagi, belajarlah sekarang untuk masa depan. Jangan jadi pemalas ya!. 
Oke deh, cukup itu aja pengalaman dan review aku kali ini. 
Sampai bertemu lagi nanti, see you! 

"kejarlah mimpi setinggi langit, tidak ada kata tidak munkin bagi kamu yang bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu. Nikmati proses, bersabar, dan berikhtiar di barengi dengan do'a insyaallah Allah akan mempermudah jalanmu"



Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Big family

Ayam Sambal Balado Masakan Keluarga Djoko.